MENDIAGNOSA PC DALAM JARINGAN

| Senin, 01 November 2010 | |

Untuk dapat mengetahui kesalahan dala jaringan dapat di ketahui melalui pengecekan terhadap beberapa komponen sebagai berikut .....


~TEGANGAN LISTRIK~

     Tegangan listrik yang tidak setabil dapat mempengaruhi kinerja PC. Karena apabila tegangan listrik tidak stabil dan sering mati, maka dapat di pastikan PC tersebut dapat dengan mudah rusak.

~KOMPONEN DI DALAM PC~

    Berfungsi atau tidak berfungsinya komponen di dalam PC dapat di sebabkan oleh korosi(berkarat) karena minimnya perawatan yang di lakukan terhadap komopen tersebut. Untuk membersihkan korosi tersebut dapat menggunakan tiner yang biasa di gunakan untuk membersihkan sepidol permanen pada white board.

~ NIC~

   Periksalah driver NIC pada PC apabila PC anda tidak dapat tersambung ke internet. caranya dengan:

1. klik kanan pada my computer lalu pilih properties.

2.pilih hardware dan klik device manager.

3.setelah itu pilih network adapter, jika sudah terpasang maka akan ada keterangan mengenai NICnya.

~HUB SWITCH~

   Jika lampu indikator power Hub mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa PC workstation sedang tidak aktif atau mungkin ada gangguan terhadap PC workstation tersebut.

~KABEL~

   Yang selanjutnya periksalah kabel yang menancap ke dalam PC. Apabila kabel yang di tancapkan kendur/tidak kencang ke PC maka akan terlihat tanda di Hub melalui lampu indikator.

~CEK MELALUI COMMANDT PROMPT~

    Lakukan ping melalui PC yang lain. Jika di saat meng-ping muncul balasan reply makaPC tersebut sudah terhubung dengan internet.


0 komentar:

Posting Komentar